Kamis, 25 April 2024

Materi Ajar Pendidikan Pancasila Kelas 6 Tentang Perdamaian

 

Pengertian Perdamaian

Perdamaian ialah suatu kata yang menunjukkan sebuah kondisi atau keadaan yang harmoni, aman atau tidak sedang terjadi peperangan, memiliki keserasian dan tentunya mememiliki pengertian satu sama lain. Dengan adanya perdamaian kondisi akan lebih tenang tidak menimbulkan keributan. Perdamaian dalam masyarakat akan menciptakan kerukunan diantara anggota masyarakatnya. Untuk arti yang lebih spesifik bisa dikatan sebagai pengendalian emosi seseorang, karena dengan berdamai dengan diri sendiri maka emosi kita akan lebih terkontrol. Ketika seseorang kurang mampu dalam mengatur emosinya sendiri, maka orang tersebut akan lebih mudah untuk terpancing emosi jika ada terjadi suatu masalah.

Agar terwujudkan pada masyarakat, kembangkan terlebih dahulu kedalam diri setiap individu tentang bersikap peduli dengan orang lain, memiliki rasa empati, saling pengertian satu sama lain, kerja sama dengan kelompok, dan memiliki rasa respect yang tinggi dengan orang lain.

Negara indonesia juga sangat mendukung adanya perdamaian yang dibuktikan dalam tujuan nasional yang ada dicantumkan di dalam alinea ke-4 pada isi Pembukaan UUD RI Tahun 1945 yang berisi “Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemederkaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial”. Dari kalimat tersebut bangsa Indonesia harus selalu memiliki peran untuk menciptakan suatu perdamaian dunia. Meningat sistem politik Indonesia juga adalah politik bebas dan aktif, artinya tidak memihak salah satu namun aktif dalam perdamaian dunia. Indonesia bisa melakukan kerja sama dengan beberapa negara tanpa hambatan, dan bisa berpean aktif untuk mengikuti organisasi internasional agar menjalin kerja sama dalam perdamaian dunia.

Visi global atau internasional masih banyak yang belum tercapai dalam mewujudkan perdamaian dunia. Karena masih banyak konflik yang terjadi baik dalam skala nasional ataupun internasional. Indonesia adalah negara multikultural yang juga sering tercancam dapat terjadinya konflik, karena di Indonesia banyak suku, bangsa, ras dan agama yang berbeda otomatis akan menimbulkan perbedaan pula di dalam masyarakat.

Pada dasarnya, tiap-tiap kelompok tidak pernah mengajarkan kekerasan ataupun anggapan kelompok lain lebih rendah. Namun, terkadang terdapat sikap supremasi atas nilai yang dianut tiap individu atau kelompok yang tidak dapat dihilangkan. Tentu perlu untuk menjaga agar keberagaman yang ada di Indonesia tidak menjadi potensi dari perpecahan bangsa. Hal – hal yang dapat dilakukan antara lain:

1.      Adanya sikap saling menghargai dan menghormati. Dalam hidup bermasyarakat, perbedaan adalah hal yang tidak dapat dihindarkan. Perbedaan itu tercipta oleh karena anggota masyarakat itu sendiri. Maka, penting untuk mengakui perbedaan itu. Lebih lagi, perbedaan itu harus direspon dengan sikap saling menghargai. Dengan sikap ini, maka perbedaan dalam keberagaman akan menghilangkan akar perpecahan yang dapat terjadi.

2.      Mencerminkan sikap bertoleransi sikap toleran adalah sikap yang mengakui dan menghormati perbedaan dalam lingkup bermasyarakat. Dengan mengakui dan menghormatinya, ini berarti memberi ruang pada tiap individu untuk mengimplikasikan nilai yang dianutnya, meskipun berbeda dengan nilai yang dipercaya.

3.      Menempatkan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi, kepentingan masyarakat atau kepentingan yang lebih luas haruslah diprioritaskan, alih-alih kepentingan pribadi. Konflik yang terjadi dalam masyarakat yang plural dapat terhindarkan dengan sikap musyawarah untuk mufakat pada kepentingan yang lebih besar.

4.      Menghilangkan sikap supremasi yang memiliki pengertian bahwa sikap yang menganggap dirinya, golongan atau nilai yang dianutnya adalah benar dan orang lain salah. Sikap inilah yang juga menjadi dasar dari perpecahan dalam masyarakat yang beragam. Setiap manusia berhak untuk hidup dan menganut nilai yang dia percaya. Negara dan masyarakat harus mengakui hal itu. Dengan mengedepankan sikap pengakuan dan kesetaraan, dapat menghindarkan konflik yang seharusnya tidak terjadi.

Berikut ini rangkuman mengenai arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan bangsa;

1.      Terjalin Hubungan Internasional yang Baik

Arti penting perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara yang paling utama adalah terjalinnya hubungan internasional yang baik antarnegara. Melalui hubungan internasional, setiap negara dapat mencukupi kebutuhannya dalam berbagai bidang. Hubungan internasional yang baik antarnegara bisa mendukung stabilitas yang baik pula. Tanpa hubungan internasional yang baik, sebuah negara akan kesulitan mencukupi kebutuhan perekonomian, sosial, dan keamanannya.

2.      Mendukung Perkembangan Negara

Perdamaian dunia juga merupakan syarat penting bagi terlaksananya pembangunan suatu negara. Tanpa perdamaian dunia, sebuah negara tidak akan bisa melaksanakan program pembangunannya. Negara akan mengalami kesulitan mewujudkan tujuan negaranya. Maka dari itu, negara yang ingin sukses membangun negaranya harus turut serta mendukung perdamaian dunia.

3.      Stabilitas Politik

Perdamaian dunia bagi kemajuan sebuah negara juga berpengaruh terhadap kondisi politik. Dengan adanya stabilitas politik akan berdampak baik bagi hubungan negara yang saling bekerja sama. Sebaliknya, negara yang memiliki ketegangan politik, terutama politik luar negeri, akan cenderung memiliki konflik. Itulah mengapa, Indonesia secara jelas menjalin politik luar negeri bebas aktif, yang merupakan jalur untuk mewujudkan adanya perdamaian dunia.

Sikap dan Tindakan yang Mendukung Perdamaian:

·         Empati

·         Toleransi

·         Keadilan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Materi Ajar Pendidikan Pancasila Kelas 6 Tentang Perdamaian

  Pengertian Perdamaian Perdamaian ialah suatu kata yang menunjukkan sebuah kondisi atau keadaan yang harmoni, aman atau tidak sedang terj...